Bukittinggi, Wilayah Pertama New Normal di Sumbar

oleh -154 views

Sumatera Barat (Sumbar) menjadi satu dari tiga wilayah yang diumumkan akan menjalankan New Normal ditengah pandemi virus corona. Polda Sumbar menyebut wilayah pertama yang akan menerapkan kebijakan itu yaitu wilayah Bukittinggi.

“Kemarin hasil evaluasi dari Gubernur, Forkopimda menyampaikan dari sekian kabupaten, dari 19 kabupaten dan kota sementara ini yang New Normal hanya Kota Bukittinggi yang akan melaksanakan,” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto saat dihubungi Indozone, Jumat (29/5/2020).

Stefanus mengatakan wilayah Bukittinggi akan menjalankan New Normal 30 Mei 2020 besok. Pihak kepolisian disebutnya sudah menyiapkan skema pengawalan kebijakan tersebut.

Polisi disebutnya akan gencar melakukan patroli dan berjaga di titik-titik keramaian saat New Normal itu berlangsung. Protokol kesehatan juga akan diperhatikan oleh polisi.

Lebih jauh Stefanus mengatakan untuk wilayah Sumbar lainnya belum menerapkan New Normal dan masih dengan peraturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Selama proses PSBB di Sumbar itu berlangsung, Stefanus menyebut pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi untuk mendisiplinkan masyarakat terkait protokol kesehatan sebelum wilayah-wilayah lain di Sumbar menjalankan New Normal.

“Sementara kabupaten yang lain itu masih PSBB yang mana diperpanjang oleh gubernur sampai tanggal 7 Juni. Karena kita lihat pendisiplinan masyarakat intinya lebih ditingkatkan kembali dulu dan juga sambil PSBB untuk sosialisasi New Normal,” kata Stefanus.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mengumumkan empat wilayah yang nantinya akan menjalankan New Normal. Empat wilayah tersebut antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat dan Gorontalo.

sumber indozone.id