, ,

DLH Sumbar Ajak Masyarakat Kelola Sampah Berbasis Daerah Perbatasan

oleh -19 views

Kaba Nagari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan amat penting mengoptimalkan pengelolaan sampah di wilayah perbatasan kabupaten dan kota.

Upaya ini perlu dilakukan, agar penumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah berkurang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Siti Aisyah, mengatakan, hal itu dalam rangka mewujudkan kebijakan nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga,

dengan target pengurangan sampah dari sumbernya sekitar 70 persen. Dengan demikian, hanya 30 persen sampah yang akan ditangani TPA hingga 2025.

Ia menyebutkan, sebagai tindaklanjut kebijakan tersebut, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menggelar Gerakan Nasional Pilah Sampah Dari Rumah,

sebagai upaya untuk mengajak keterlibatan masyarakat dalam memahami potensi sampah dengan tujuan untuk mengubah pola pikir, gaya hidup, dan budaya di masyarakat agar mereka bisa mengelola sampah lebih baik lagi.

“Jadi kali ini kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Materi sosialisasi pengelolaan sampah di Nagari Kasang, Padang Pariaman ini melibatkan sejumlah pihak,” katanya, Kamis (7/11/2019).

Siti Aisyah menyebutkan pentingnya bagi masyarakat untuk mengetahui dan melakukan pengelolahan sampah, karena manfaatnya tidak hanya soal ekonomi, tapi telah menciptakan lingkungan bersih dan nyaman.

Untuk itu, DLH menginginkan masyarakat benar-benar memiliki keinginan dan berkomitmen untuk melakukan pengelolahan sampah.

“Kalau lingkungan kotor, penyakit akan sangat rentan terjadi. Sekarang kita bantu mereka dengan cara memberikan komposter. Ada sebanyak 50 unit komposter yang kita bagikan itu, dengan harapan benar-benar dimanfaatkan dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, materi yang disampaikan dalam sosialisasi itu, yakni datang dari Syafrizal, sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, yang menyampaikan materi tentang Pemanfaatan Dana Desa Dalam Pengelolaan Sampah Melalui Badan Usaha Milik Desa/Nagari.

Narasumber kedua, Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Padang Pariaman, Ibu Afni Susanti, yang menyampaikan materi terkait