Hampir 10.000 Calon Siswa SMP di Padang Mendaftar Online

oleh -3 views

Sebanyak 9.472 siswa telah mendaftar secara online untuk masuk Sekolah Menengah Pertama (SMPN) Negeri di Kota Padang, Sumatera Barat. Ribuan siswa yang mendaftar itu nantinya akan segera mendapat pengumuman kelulusan.

“Ada 9.472 siswa ini merupakan jumlah siswa yang telah mendaftar pada tahap I. Kemudian untuk pengumuman kelulusannya akan kami umumkan, Jumat (3/7/2020) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Padang Danti Arvan, Jumat (3/7/2020).
Nantinya, kata dia, pengumuman hasil kelulusan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP ini dilakukan secara real time.

Menurutnya, pegumuman seleksi PPDB SMP dilakukan secara transparan dan masyarakat juga bisa melihat hasilnya secara langsung melalui website psb.diknaspadang.id.
Danti mengatakan, pada pendaftaran tahap I melewati tiga jalur yaitu, jalur prestasi akademis bagi peserta didik yang memiliki nilai rata-rata rapor dari kelas IV semester satu sampai kelas VI semester I. Maksimal 30 persen dari daya tampung sekolah termasuk prestasi non akademik yang diterima secara offline.

Kedua, jalur afirmasi atau bagi peserta didik yang berasal dari keluarga tidak mampu dan terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikeluarkan oleh Pusdatin Kementerian Sosial Republik Indonesia.
“Untuk jalur afirmasi ini maksimal 15 persen dari daya tampung sekolah,” kata dia.

Kemudian ketiga, melalui jalur perpindahan tugas orang tua atau wali dengan maksimal 5 persen dari daya tampung sekolah.

Danti mengingatkan kepada orang tua untuk mendaftarkan kembali anaknya ke tahap II jika di tahap I tidak lolos.

“Jika ada sebagian orang tua yang merasa nilai anaknya tidak bagus pada pendaftaran tahap I. Maka boleh mendaftar lagi di tahap II,” kata dia.

Untuk tahap II, kata Danti, secara daring akan dibuka pada 5 sampai 7 Juli 2020, pengumumannya pada 8 Juli 2020, dan pendaftaran ulang pada 8 sampai 9 Juli 2020.

“Pendaftaran tahap II ini untuk dua jalur yaitu jalur zonasi dan perpindahan orang tua. Untuk daya tampung di sekolah melalui jalur zonasi ini sekitar 50 persen,” kata dia.