Hujan Deras di Padang, Sejumlah Titik di Kota Padang Terendam Banjir

oleh -68 views

Hujan deras yang mengguyur Kota Padang sejak siang hingga sore, Rabu (8/7/2020) menimbulkan genangan air di sejumlah titik.

Berdasarkan pantauan sementara, genangan air di ruas jalan di kawasan Alai dan Belanti menyebabkan terganggunya aru lalu lintas.

“Pantauan tim di lapangan, ruas jalan di Alai dan Belanti mulai tergenang air. Ini disebabkan curah hujan yang tinggi sejak beberapa jam lalu,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Daerah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Barat (Sumbar) Rumainur, Rabu (8/7/2020) sore.

Meski belum berdampak ke permukiman warga, tetapi personel BPBD di lapangan sudah siaga untuk mengantisipasi dampak yang timbul.

“Untuk evakuasi belum ada. Petugas lapangan masih memantau. Laporan atau permintaan untuk evakuasi juga belum ada. Tapi, tim sudah siaga di lapangan,” ujar Rumainur.

Mengingat curah hujan yang masih tinggi, Rumainur mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di zona rawan banjir untuk tetap waspada. Segera menuju lokasi yang lebih aman apabila ketinggian dan debit air meningkat.

Berdasarkan “update” peringatan dini cuaca Sumbar yang dikeluarkan BMKG, sore ini masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan kilat, serta angin kencang. Potensi itu meliputi wilayah Kota Padang, Padang Pariaman, dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Bahkan, dapat meluas hingga ke wilayah Kepulauan Mentawai. Kondisi ini, diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 19.00 WIB.