Indonesia Naik Status, Pemerintah Percepat Transformasi Ekonomi RI

oleh -3 views

Kementerian Keuangan akan memanfaatkan kenaikan status Indonesia dari Bank Dunia untuk mempercepat transformasi ekonomi. Indonesia nasik status dari negara berpendapatan menengah ke bawah menjadi negara berpendapatan menengah ke atas.

“Kita tentu akan menjaga pencapaian ini sebagai momen transformasi ekonomi,” ujar Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo dikutip dariMedia Indonesia, Sabtu, 4 Juli 2020.

Yustinus menjelaskan upaya transformasi ekonomi juga sejalan dengan tema besar APBN 2021, yakni mereformasi sistem kesehatan, pendidikan, infrastruktur digital, perlindungan sosial, dan melanjutkan pembangunan sumber daya manusia.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede menilai kenaikan status Indonesia merupakan buah sukses program pembangunan. Keberhasilan program pembangunan tersebut berpotensi meningkatkan kepercayaan dunia internasional, termasuk dalam menarik investasi lintas negara atau foreign direct investment (FDI).

“Peningkatan klasifikasi Indonesia menunjukkan bahwa program pembangunan pemerintah berhasil meningkatkan pendapatan per kapita rata-rata masyarakat,” kata Josua.

Di sisi lain, peningkatan status akan berdampak pada sikap lembaga internasional dalam pemberian bantuan. Selama ini, bantuan multilateral untuk pembangunan ekonomi atau infrastruktur cenderung diberikan pada negara miskin atau negara dengan pendapatan per kapita menengah ke bawah

“Namun, jika Indonesia mau menerbitkan global bond pada umumnya, akan lebih kompetitif jika dibanding dengan negara berpenghasilan low middle. Selangkah lagi akan menjadi negara maju, tetapi tetap harus kerja ekstra. Isu struktural ekonomi juga masih perlu dibenahi,” pungkasnya.