Kecintaan pada Bunga Langka, Warga Agam Ini Tanam 11 Bunga Bangkai di Pekarangan Rumah

oleh -74 views

Lestarikan Tumbuhan jenis langka, Heru Nofriandi warga koto rantang, Kecamatan, Palupuah, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) budidayakan bunga bangkai di halaman rumah.

Heru mengatakan, setidaknya ada 11 kuncup kecil bunga yang bernama Amorphophallus Titanium itu di dekat rumahnya. “Ada 11 pak, 1 sudah mencapai tinggi 60 Cm 10 nya lagi masih kecil,” ujarnya, Senin (28/10/2019).

Dijelaskan Heru, Bibit bunga bangkai ini pertama kali diambil dari umbi sisa tumbuh beberapa bulan yang lalu saat hendak membersihkan kebun. Umbi tersebut dibawa pulang kemudian dipindahkan ke dalam pot.

“Saat umbi bunga bangkai mulai membesar potnya pecah, jadi saya buatkan pot besar dengan bambu, sekitar 1 bulan yang lalu, mulai terlihat ada kuncup dan saat ini tingginya sudah hampir 1 meter, perkiraan saya, 1 bulan lagi akan mekar sempurna,” katanya.

Tidak hanya 1, Heru kembali mengambil 10 bakal umbi sisa tumbuhnya dan menanam di sekitar rumah. “Saya menanamnya dengan memberi jarak yang cukup jauh, saat ini sudah muncul juga kuncup-kuncup kecil bunga bangkai. Saya perkirakan 3 bulan kedepan akan mekar sempurna,” ujarnya.

Menurut laki-laki 27 tahun itu, bunga bangkai tumbuh setinggi 5 Cm setiap hari, lah itu dari pengamatannya semenjak kuncup mulai muncul dari tanah. “Saya selalu memperhatikan perkembangan bunga bangkai, setiap pagi saya ukur, tingginya selalu bertambah sekitar 5 cm,” jelasnya.

Diakui Heru, Ia memang menyukai tumbuhan jenis langka seperti Rafflesia dan bunga bangkai, jika ada informasi temuan bunga dilindungi itu, ia akan mengajak masyarakat untuk menjaga serta menghubungi BKSDA untuk pengamanan lebih lanjut.

“Kecamatan Palupuah ini sangat sering di temukan bunga langka, saya selalu memberi tahu BKSDA jika ada temuan baru, namun setelah bunganya busuk tidak diperhatikan lagi hingga kemunculan berikutnya. Saya coba mengambil sisa umbinya dan saya tanam dirumah, alhamdulillah dia mau tumbuh dan bisa saya rawat setiap hari,” tutupnya.