Niat Cek Ban Belakang, Seorang Kernet di Padang Tewas Seketika Terlindas Bus Sendiri

oleh -3 views

Kejadian naas menimpa seorang kernet bus, Zulkarmi Lubir (38) yang tengah bekerja pada Sabtu, 4 Juli 2020.

Kernet tersebut mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia saat bus yang biasa ia naiki untuk bekerja melindasnya di halaman SPBU Sungai Betung, Nagari Koto Baru, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya.

Awak bus lain yang sedang menunggu antrian BBM segera menolongnya namun nyawa korban tidak tertolong.

Kapolres Dharmasraya AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah, SIK, melalui Kasat Lantasnya, Iptu Feri Yuzaldi SH didampingi Kanit Laka Satlantas Ipda Okdianto SH mengonfirmasi kejadian tersebut.

Mereka pun langsung menuju lokasi kejadian saat mendapat laporan dari masyarakat setempat.

“Ya, informasi kami dapat ada peristiwa seorang kernet bus ALS tewas tergilas di halaman parkir SPBU Sungai Betung. Tim kami langsung menuju lokasi dipimpin Kanit Laka Ipda Okdianto untuk melakukan olah tempat kejadian peristiwa,” ujarnya.

Ia menambahkan, berdasarkan keterangan saksi peristiwa bermula saat kendaraan bus PO. ALS bernomor polisi BK 7343 UA dikemudikan Ahmad Sofyan Batu Bara (58).
Bus itu lalu datang dari arah Padang menuju Bungo untuk mengisi bahan bakar di SPBU Jorong Sei Betung Nagari, Koto Baru.

“Karena kondisi SPBU mengalami antirian, sopir merasa bisnha mengalami ganguan pada per dari ban belakang sebelah kanan dari kendaaran tersebut,” tambahnya.

Korban yang bekerja sebagai kernet melakukan pengecekan kondisi per dari ban belakang sebelah kanan kendaraan tersebut.

Sebelumnya kondisi per memang tengah mengalami gangguan sehingga pengemudi dan kernet kembali ke arah depan bagian bus.

Saat kernet melihat ban belakang, pengemudi memajukan kendaraan karena terdapat antrian SPBU yang tengah maju.

Ia baru menyadari Zulkarmi masih ada di dekat ban saat merasakan sesuatu mengganjal pada roda belakang sebelah kiri sehingga tidak melajukan laju busnya.

Setelah pengemudi turun untuk melihat apa yang mengganjal, terlihat kernet terkapar di bagian bawah bus dan mengalami luka pada bagian depan roda belakang sebelah kiri hingga meninggal dunia.
Saat ini kata Kasatlantas Polres Dharmasraya Iptu Feri Mercedes Benz PO. ALS dengan nomor polisi BK 7343 UA dan pengemudinya diamankan di Mapolres.

“Untuk penyidikan lebih lanjut bus dan sopir kita amankan di Mapolres,” pungkasnya.***