PR Sumbar Terendah se Indonesia

oleh -5 views

Testimg, tracking dan tracing Sumbar sejak kasus pertama virus korona ditemukan 22 Maret 2020 lalu terus menuai sukses.

Jumat malam kemarin Kemenkes Ri merilis soal posittivity rate (PR) Sumbar di peringat pertama nasional, karena PR Sumbar persentasenya terendah se Indonesia.

PR itu adalah hitungan tentang jumlah kasus positif dibandingkan dengan specimen swab diuji oleh dua laboratorium di Sumbar.

“Ini soal komitmen kerja keras semua stakeholder terlibat percepatan dan penanganan covid-19. Dan juga disiplin masyarakat yang cukup tinggi memutus mata rantai covid-19,”ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar Irwan Prayitno sesudah sholat Subuh tadi, Sabtu 4 Juli 2020.

Dari data Dinas Kesehatan Sumbar yang bersumber dari Kemenkes Ri sejak kasus positif virus korona pertama kali ditemukan dan terus meledak. Positivity rate Sumbar kata Irwan Prayitno pernah menyentuh posisi di lima besar se Indonesia.

”Gugus Tugas, Para Medis di rumah sakit, pakar terkait dan laboratorium memikirkan apa tindakan terukur dan sistematis untuk menghempang penularan covid-19. Allhamdulillah data Kemenkes RI tadi malam (Jumat,red) untuk PR Sumbar 1,8 persen terendah se Indonesia,”ujr Irwan Prayitno.

Dua laboratorium di Sumbar rekomendasi Kemenkes RI memeriksa specimen swab Laboratorium Fakultas Kedokteran UNAND dan Balai Veteriner Bukittinggi menurut Irwan Prayitno telah banyak melakukan tes polymerase chain reaction (PCR).

“Apresiasi saya dan jajaran yang terlibat di Gugus Tugas Sumbar atas kerja dua laboratorium dipimpin Dr. Andani Eka Putra yang bekerja penuh waktu. Malah atas kerja tak kenal lelah itu soal pemeriksaan swab, tim pak Andani sering memecahkan rekor nasional,”ujar Irwan.

Gubernur Sumbar ini juga ‘angkat topi’ kepada tenaga kesehatan yang tidak kenal lelah dan tidak mempedulikan segala resiko merawat pasien yang terinfeksi.

”Terima kasih wahai para medis kami yang menjadi garda terdepan sekaigus benteng terakhir kita dalam perang melawan virus korona ini,” ujar Irwan Prayitno.