Selundupan 52 Kg Ganja Digagalkan

oleh -77 views

Berbatasan dengan Sumatera Utara membuat Kabupaten Pasaman menjadi jalur perlintasan narkoba ke sejumlah provinsi. Dibuktikan Polres Pasaman menggagalkan penyelundupan 52 kilogram ganja asal Penyabungan, Sumatera Utara, Selasa (30/6). Satu dari dua pelaku berinisial TB, 51, warga Kerta Pati Gang Aman, Kota Palembang Sumatera Selatan, dibekuk.

“Dari keterangan sementara didapat dari pelaku, ganja tersebut bukan untuk diedarkan di Sumbar. Akan tetapi akan dibawa ke Palembang dan diedarkan di sana,” kata Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya saat dikonfirmasi Padang Ekspres.

Menurutnya, pelaku merupakan pengedar lintas provinsi. “Diduga sudah lebih dari satu kali membawa puluhan ganja melintas di Kabupaten Pasaman,” ucapnya. Ditambahkan Kasat Reserse Narkoba, Iptu Syafri Munir, pelaku lainnya berinisial AH, warga Desa Tanjung Baru, Kecamatan Batu Raja Timur, Sumatera Selatan, berhasil kabur.

“Selain 52 paket ganja, kami juga mengamankan satu unit mobil Toyota Avanza warna putih dua nomor polisi. Pada bagian depan menggunakan BB 1527 FQ dan belakang B 1138 BMC,” ujarnya.

Penangkapan itu bermula ketika pihaknya mendapat informasi akan ada yang membawa ganja dalam jumlah banyak dan melintas di Pasaman. Petugas yang melakukan pengintaian melihat kendaraan pelaku melintas dan melakukan pengejaran. Saat diberhentikan di depan Polsek Rao, pelaku berusaha kabur. Petugas kemudian melakukan pengejaran.

Di Sawah Panjang, Kecamatan Lubuksikaping petugas kembali menyetop, namun pelaku tidak mau berhenti. Barulah lokasi penangkapan di Bonjol mobil tersebut berputar arah lagi ke Lubuksikaping dan di daerah Ujung Rajo mobil berhasil dihentikan.

Tersangka TB langsung diamankan, sementara tersangka AH berhasil melarikan diri. Kepada petugas TB sendiri mengakui kepemilikan ganja itu. “Saat ini kami masih melakukan pengejaran terhadap tersangka yang kabur. Informasi juga sudah digali dari tersangka TB. Ganja itu akan diedarkan di Palembang,” ujar Iptu Syafri Munir.

Sebelumnya, pada Minggu (28/6) Polres Pasaman juga berhasil menggagalkan penyelundupan 15 paket ganja dan menangkap pelaku AR, 27, di Jalan Lintas Sumatera Medan – Bukittinggi persisnya di Jorong IV Sumpadang Kenagarian Padang Mentinggi, Kecamatan Rao.

Saat ditangkap, warga Desa Huta Padang Sayur Maincat Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Madina, Sumatera Utara itu sempat melawan dan berusaha kabur. Pelaku AR menggunakan motor menyelundupkan ganja untuk masuk ke Sumbar.

Polres Pasaman juga menggagalkan peredaran 15 kilogram ganja yang akan dibawa ke Kota Padang pada Sabtu (9/5). Kemudian Senin (11/5), personel Satres Narkoba setempat kembali membekuk dua pengedar ganja di Jalan Usaha Tani Jorong V Sumpadang Kenagarian Padang Mentinggi, Kecamatan Rao.

Pada Rabu (13/5), penyelundupan 91 kilogram ganja kembali digagalkan oleh Satres Narkoba Polres Pasaman di Jalan Lintas Sumatera Medan -Bukittinggi, Jorong VIII Muara Cubadak Nagari Padang Mentinggi Kecamatan Rao. Satu pelaku berhasil diamankan, sementara dua lainnya berhasil kabur melarikan diri.(wni)