Waspada !! Sudah 19 Orang Positif Corona di Padangpanjang

oleh -54 views

Warga Kota Padangpanjang yang dinyatakan potitif terjangkit virus corona (Covid-19) kembali bertambah lima orang setelah dilakukan uji swab. Dengan adanya penambahan itu, jumlah warga yang positif di kota itu sudah mencapai 19 orang dan sudah mulai mengkhwatirkan.

Juru bicara Covid-19 Padang Panjang Ampera Salim mengatakan, penambahan lima pasien positif Covid-19 bukan lagi dari pihak tenaga kesehatan tapi dari pihak keluarga. Hal itu terungkap setelah dilakukan tracking terhadap sejumlah orang yang pernah kontak dengan tenaga medis yang sudah terlebih dahulu dinyatakan terjangkit Covid-19.

“Sejauh ini Pemko telah melakukan antisipasi dan tracking terhadap semua pasien Covid-19. Dari tracking tersebut semua kerabat dan orang yang pernah kontak erat dengan pasien 14 pasien positif sebelumnya sudah banyak melapor dan dilakukan uji swab. Hasilnya ada lima yang dinyatakan positif,” kata Ampera Salim.

Ampera Salim menjelaskan, pihaknya juga akan melakukan tracking terhadap lima pasien baru tersebut. Selain itu juga akan dilakukan swab terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan mereka. Lima orang yang telah dinyatakan positif Covid-19 tersebut telah diisolasi ke RSUD Kota Padang Panjang untuk dilakukan perawatan.

“Jika kemarin berjumlah 14 orang, sekarang menjadi total 19 orang. Kepastian bertambahnya warga yang terpapar Covid-19 diketahui setelah keluar hasil swab di Labor Fakultas Kedokteran Unand pada hari Minggu (3/5),” sebut Ampera Salim.

Terpisah, Kadis Kesehatan Kota Padangpanjang, Nuryanuwar mengatakan, hasil pemeriksaan tes swab terhadap sejumlah orang hasil tracking kasus sebelumnya dari Laboratorium Unand. Dari hasil uji swab itu, memang ada penambahan lima orang lagi yang tertular dari pasien sebelumnya.

“Virus corona merupakan wabah berbahaya. Hingga saat ini belum ditemukan vaksin yang dapat mengobatinya. Selain menjaga kesehatan dan mematuhi anjuran pemerintah agar tidak terpapar atau terjangkit virus corona.,” jelas Nuryanuwar.

Nuryanuar, mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak panik dan tetap waspada, serta yang paling penting lakukan anjuran pemerintah terkait pencegahan penyebaran dan memutus rantai pandemi virus corona.

“Dengan mematuhi anjuran pemerintah, tentu kita dapat meminimalisir pandemi virus corona khususnya di Padangpanjang,” ujar Nur.

Terpisah, Wali Kota Padangpanjang Fadly Amran, menghimbau, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tersebut, masyarakat diharapkan dapat melaksanakannya. Patuh PSBB bertujuan untuk mencegah berkembang virus corona.

“Tujuan utama PSBB adalah untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) dengan cara membatasi aktivitas orang-orang dalam suatu kegiatan yang menimbulkan suatu kerumunan atau yang melibatkan orang banyak,” kata Fadly Amran. (rmd)

sumber posmetropadang.co.id